Tata Cara Pengukuran Detil Cara Tachymetri Menggunakan Theodolit Berkompas

Posted on
  • Sunday, October 18, 2009
  • by
  • Admin
  • in
  • Labels:
  • Tata Cara Pengukuran Detil Cara Tachymetri Menggunakan Theodolit Berkompas

    Pengukuran detil cara tachymetri dimulai dengan penyiapan alat ukur ( Theodolite )titik ikat dan penempatan rambu di titik bidik. Setelah alat siap untuk pengukuran, dimulai dengan perekaman data di tempat alat berdiri, pembidikan ke rambu ukur, pengamatan azimuth dan pencatatan data di rambu BT, BA, BB serta sudut miring m.

    Tempatkan alat ukur theodolite di atas titik kerangka dasar atau titik kerangka penolong dan atur sehingga alat siap untuk pengukuran, ukur dan catat tinggi alat di atas titik ini.
    Dirikan rambu di atas titik bidik dan tegakkan rambu dengan bantuan nivo kotak.

    Arahkan teropong ke rambu ukur sehingga bayangan tegak garis diafragma berimpit dengan garis tengah rambu. Kemudian kencangkan kunci gerakan mendatar teropong.
    Kendorkan kunci jarum magnet sehingga jarum bergerak bebas. Setelah jarum setimbang tidak bergerak, baca dan catat azimuth magnetis dari tempat alat ke titik bidik.

    Kencangkan kunci gerakan tegak teropong, kemudian baca bacaan benag tengah, atas dan bawah serta cata dalam buku ukur. Bila memungkinkan, atur bacaan benang tengah pada rambu di titik bidik setinggi alat, sehingga beda tinggi yang diperoleh sudah merupakan beda tinggi antara titik kerangka tempat berdiri alat dan titik detil yang dibidik.

    1 comments:

    Anonymous said...

    Fren,

    Boleh minta tolong kirimkan penjelasan mengenai cara penghitungan dan rumus yang digunakan dalan theodlit untuk me-level, serta cara baca rambu / bak meter.

    Mohon dikirimkan ke daut_sihombing@yahoo.co.id
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.
    Salam

    Post a Comment