Sejarah Hari Buruh Tanggal 1 Mei

Posted on
  • Saturday, May 1, 2010
  • by
  • Admin
  • in
  • Labels:
  • Sejarah Hari Buruh Tanggal 1 Mei - Sejarah Hari Buruh Di Indonesia

    Di bawah ini adalah daftar hasil pencarian di internet sesuai lewat google tentunya, dengan kata kunci yang Anda gunakan - Sejarah Hari Buruh Tanggal 1 Mei, Klik pada judul hasil pencarian untuk membaca informasi lebih detail mengenai Sejarah Hari Buruh Tanggal 1 Mei, Kata kunci yang mungkin terkait adalah: Hari buruh tanggal 1 mei 2010, Sejarah Hari Buruh 1 Mei, Sejarah Hari Buruh Dunia, Kapan Hari Buruh di Rayakan:



    Hari Buruh
    Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

    May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

    Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Buruh


    Sejarah Hari Buruh 1 Mei

    Setiap tanggal 1 Mei, para buruh di seluruh dunia memperingati hari perlawanan. Penetapan tanggal 1 Mei ini, erat kaitannya dengan perjuangan buruh menuntut diberlakukannya 8 jam kerja sehari, serta tragedi Haymarket di Chicago, AS.  

    Pada tanggal 1 Mei 1886 sebanyak 350.000 orang buruh melakukan mogok massal di beberapa tempat di AS. Mereka diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika. Kaum pekerja ini menuntut perbaikan kesejahteraan dan jam kerja 8 jam sehari. Pada saat itu, kesejahteraan buruh sangat memprihatinkan. Mereka dipaksa bekerja hingga 15 jam sehari.

    Source:http://www.detiknews.com/read/2010/05/01/055935/1348985/10/sejarah-hari-buruh-1-mei?n991101605




    Sejarah Hari Buruh 1 Mei

    Pada tanggal 1 Mei 1886 sebanyak 350.000 orang buruh melakukan mogok massal di beberapa tempat di AS. Mereka diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika. Kaum pekerja ini menuntut perbaikan kesejahteraan dan jam kerja 8 jam sehari. Pada saat itu, kesejahteraan buruh sangat memprihatinkan. Mereka dipaksa bekerja hingga 15 jam sehari.

    Aksi ini terus berlanjut. Pada tanggal 3 Mei 1886, pemerintah mengirim sejumlah polisi untuk meredam pemogokan pekerja di pabrik McCormick. Polisi menembaki para buruh yang melakukan aksi mogok. Empat orang tewas, puluhan luka-luka. Hal ini menimbulkan amarah di kalangan kaum buruh.


    Source: http://tangerangonline.com/berita/nasional/2010/05/01/sejarah_hari_buruh_1_mei




    Sejarah Hari Buruh Internasional

    Pada hari ini Kamis 1 Mei 2008, seluruh dunia memperingati Hari Buruh sedunia. Untuk menambah khazanah pengetahuan dan wawasan kita akan sejarah lahirnya hari Buruh Internasional ini, maka berikut saya postingkan sejarahnya yang disunting dari beberapa sumber.

    HARI BURUH DI INDONESIA

    Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini.
    Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.

    Source: http://empimuslion.wordpress.com/2008/05/01/sejarah-hari-buruh-dunia/




    Sejarah Hari Buruh 1 Mei

    Pada tahun 1881, McGuire pindah ke St. Louis, Missouri dan memulai untuk mengorganisasi para tukang kayu. Akhirnya didirikanlah sebuah persatuan yang terdiri atas tukang kayu di Chicago, dengan McGuire sebagai Sekretaris Umum dari "United Brotherhood of Carpenters and Joiners of America". Ide untuk mengorganisasikan pekerja menurut bidang keahlian mereka kemudian merebak ke seluruh negara. McGuire dan para pekerja di kota-kota lain merencanakan hari libur untuk para pekerja di setiap Senin Pertama Bulan September di antara Hari Kemerdekaan dan hari Pengucapan Syukur.

    Pada tanggal 5 September 1882, parade Hari Buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertuliskan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

    Source: http://adibsusilasiraj.blogspot.com/2009/05/sejarah-hari-buruh-1-mei.html

    0 comments:

    Post a Comment