Pulau Jawa

Posted on
  • Wednesday, June 2, 2010
  • by
  • Admin
  • in
  • Labels:
  • Pulau Jawa

    Jawa merupakan nama sebuah pulau di Indonesia. Pulau ini adalah pulau terbanyak penduduknya, pulau terpadat penduduknya, dan pulau ketigabelas terbesar di dunia ini.

    Luas daerah pulau Jawa 138.793,6 km2 dengan total penduduk sekitar 124 juta jiwa (kepadatan 979 jiwa per km2).

    Penduduk Pulau Jawa sebagian besar merupakan suku Jawa dan suku Sunda. Suku Sunda terutama bermukim di sisi barat Pulau Jawa, sementara suku Jawa bermukim di sebelah tengah dan timur.


    Di sebelah barat Pulau Jawa, banyak juga kantong-kantong komunitas suku Jawa atau suku bangsa yang berbahasa Jawa. Sedangkan di tengah pulau Jawa ditemukan pula kantong-kantong komunitas suku Sunda atau suku bangsa yang berbahasa Sunda, terutama di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap. Selain itu ada pula suku Madura, dan suku Bali di Jawa Timur dan suku Betawi di sebelah barat Jawa di kota Jakarta dan sekitarnya.


    Pulau Jawa terdiri dari 6 provinsi:
    1. Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    2. Provinsi Banten
    3. Provinsi Jawa Barat
    4. Provinsi Jawa Tengah
    5. Provinsi Jawa Timur
    6. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta


    Pulau Jawa merupakan bagian dari gugusan kepulauan Sunda Besar dan paparan Sunda, yang pada masa sebelum es mencair merupakan ujung tenggara benua Asia.


    Buku Sejarah Pulau Jawa

    Sejarah Pulau Jawa atau  The History of Java merupakan buku yang dikarang oleh Sir Thomas Stamford Raffles dan diterbitkan pada tahun 1817. Dalam buku ini, Raffles yang memerintah sebagai Gubernur-Jendral di Hindia-Belanda dari tahun 1811-1816 menuliskan mengenai keadaan penduduk di pulau Jawa, adat-istiadat, keadaan geografi, sistem pertanian, sistem perdagangan, bahasa dan agama yang ada di pulau Jawa pada waktu itu.

    Buku The History of Java diterbitkan dalam dua bendel (volume I: 479 halaman, dan volume II: 291 halaman, dilengkapi dengan banyak halaman bergambar) dan dicetak ulang pada tahun 1965 oleh Oxford University Press di London.

    Pada salah satu bab dari buku ini, Raffles menceritakan mengenai upacara adat yang dilakukan dalam penyambutan kelahiran bayi, dalam perkawinan, dan pada upacara kematian yang biasa dilakukan sejak zaman dulu kala hingga pada saat itu. Buku ini juga berisi tentang upacara selamatan dan perayaan yang menampilkan tarian tradisional dan pertunjukkan wayang pada abad ke-19 dan sebelumnya.

    Buku Sejarah Pulau Jawa adalah buku yang berbeda dengan buku Babad Tanah Jawi yang dikarang oleh carik Braja pada zaman pemerintahan Sunan Pakubuwono III di Surakarta.


    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Pulau_Jawa
    http://id.wikipedia.org/wiki/Jawa

    0 comments:

    Post a Comment