Pengertian Belajar

Posted on
  • Tuesday, November 30, 2010
  • by
  • Admin
  • in
  • Labels:
  • Pengertian Belajar

    Drs. Slameto (Rineka Cipta; 1999) menjelaskan bahwa Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu  itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.

    Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) menjabarkan bahwa Belajar merupakan proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.

    Belajar menurut Horgen (1984) adalah “learning can be defined as any relatively, permanent change in behavior which occurs as a result of practice or experience” suatu hal yang muncul dalam Definisi Belajar   menurut Horgen adalah bahwa perilaku sebagai akibat belajar itu disebabkan karena latihan atau pengalaman.

    Robert M. Gagne dalam buku: "the conditioning of learning" mengemukakan bahwa Belajar adalah erubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalm diri dan keduanya saling berinteraksi. Hal senada juga dikemukakan oleh Herbart (swiss) bahwa Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan.

    Skinner, mengungkapkan bahwa Pengertian Belajar sebagai  “Learning is a process of progressive behavior adaption”. Yaitu bahwa belajar itu merupakan suatu proses adaptasi perilaku yang bersifat progresif.

    Ditegaskan oleh Djamarah, Syaiful Bahri, (Rineka Cipta; 1999), Belajar adalah  serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.

    Kimble menjelaskan Pengertian Belajar,  “Learning is a relative permanent change in behavioral potentiality occur as a result of reinforced practice. Dalam pengertian tersebut terlihat adanya sesuatu hal baru yaitu perubahan yang bersifat permanen, yang disebabkan oleh reinforcement practice.

    Winkel, mengemukakan bahwa belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.

    Moh. Surya (1997) berpendapat bahwa : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.

    Dari beberapa Pengertian Belajar di atas dapat ditarik kesimpulan mengenai Belajar, bahwa Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. (wikipedia.org)


    0 comments:

    Post a Comment